Sabtu, 25 Agustus 2012

Keutamaan Membaca Surat Yasin

keutamaan-membaca-surat-yasin
Surat Yasin adalah surah ke 36 dalam al-Quran yang terdiri dari 83 ayat. Pokok - pokok isi surat yasin meliputi akidah umat sebelum  Nabi Muhammad SAW., perjuangan Rasul-Rasul Allah SWT dalam menyampaikan risalah kenabian, keagungan Allah SWT, dan keanekaragaman perilaku manusia.
Surat yasin diawali dengan sumpah Allah SWT yang menegaskan bahwa Nabi Muhammad SAW adalah nabi yang diutus oleh Allah untuk memperingatkan seluruh ummat manusia pada masa itu dan masa yang akan datang.

Beberapa Keutamaan Membaca Surat Yasin

Banyak ulama’ untuk menganjurkan untuk terus secara istiqomah membaca Surat Ya Sin, terutama pada malam jum’at. Nabi Muhammad SAW.  bersabda mengenai keutamaan membaca Surat Yasin :
  1. Hati   Al-qur’an adalah Surat Yasin.
  2. Barang siapa membaca Surat Yasin pada malam Jumat, maka Allah SWT. memberikan keimanan yang kukuh kepadanya.
  3. Barang siapa membaca Surat Yasin pada suatu malam karena mengharap ridhla Allah SWT., maka Allah SWT., mengampuni dosa-dosanya yang lampau dan keesokan harinya.
  4. Barang siapa membaca surat Yasin di depan orang yang sedang menghadapi sakarotul maut, maka Allah SWT. meringankan dan memudahkan keluarnya roh.
  5. Barang siapa berziarah ke kuburan, lalu membaca surat Yasin, maka Allah SWT. meringankan siksa seluruh ahli kubur pada waktu itu.
Itulah beberapa keutamaan membaca Surat Yasin yang saya dapatkan dari buku MAJMU’ Syarif Kamil. Semoga dapat menambah semangat kita dalam beribadah. Apabila ada yang ingin mengoreksi dan menambahkan dengan riwayat hadits mengenai keutamaan membaca Surat Yasin, silahkan tambahkan dengan mengisi comment di bawah. Trims ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar